A History of Xian  

Posted by: Nanda Ariawan

Xi'an dan sekitarnya yang berada di jantung sejarah Cina. Kota ini menjabat sebagai kursi ibukota dua belas dinasti selama lebih dari 1100 tahun, serta lembah Wei adalah tempat kelahiran legendaris peradaban Cina. Di sinilah bahwa mitos Kaisar Kuning (SM milenium ketiga) menaklukkan suku-suku berperang lain untuk melahirkan bangsa Cina.

Selama berabad-abad ibukota berturut-turut telah mengubah nama dan lokasi, serta karakter mereka. Sisa-sisa Gaojing, ibukota selama dinasti Zhou Barat (1027-771 SM), terdiri dari artefak perunggu mentah untuk memasak, penguburan dan pertanian. Mereka mencerminkan masyarakat pertanian awal. Hal ini berbeda dengan Kaisar despotik Qinshihuang's (r. 221-207 SM) Xianyang, ibukota didirikan 28 km barat Xi'an modern. Dibangun pada skala untuk pantas seperti tiran, ia datang untuk menjadi benci oleh rakyat sebagai simbol rezimnya menindas dan berumur pendek.

Dinasti Han Barat (206BC-8AD) memindahkan ibukota ke dalam sepuluh kilometer dari Xi'an. Ia selama periode ini makmur Chang'an, seperti yang kemudian dikenal, naik menjadi terkenal internasional. Satu abad setelah pembukaan Jalan Sutera, Julius Caesar muncul satu malam di teater mengenakan pakaian yang menyebabkan sensasi - itu adalah jubah sutra dari Chang'an. Sutra, kertas, teh, besi cor dan irigasi penemuan lain juga diekspor ke Barat saat ini.

Setelah dinasti Han Timur (8-220 M) memindahkan ibu kota kekaisaran ke Luoyang, hal itu tidak kembali ke Xi'an sampai Cina sekali lagi bersatu di bawah dinasti Sui (589-618). Sekali lagi skema megah dari despotik, menaklukkan Kaisar sedang dibatasi oleh dinasti lebih setuju kepada masyarakat. Selama zaman keemasan dari dinasti Tang (618-907), ketika Cina memimpin dunia dalam budaya, teknologi dan kekayaan, Chang'an menjadi fokus untuk ide-ide baru. Sebuah kota yang luas dan indah km persegi delapan puluh, hanya dua puluh kurang dari kota industri saat ini, itu berisi jumlah penduduk dua juta kuat. Jadi cantik adalah desain bangunan dan tertib nya bahwa Jepang menggunakan Chang'an sebagai model bagi kota-kota masih ada yang lebih kecil dari Kyoto dan Nara.

Sebagai Kaisar Tang mendorong kembali batas-batas budaya China lebih dan lebih dari Asia Tengah, India dan Persia yang diserap ke ibukota kosmopolitan. Selain komunitas Buddhis terutama yang kuat, ada juga Zoroaster, Muslim, Manichaean dan Nestorian yang. Kota ini memadati dengan ritme parau pasar, bar, lokakarya, korek api dan bahkan polo.


This entry was posted on 01.10 . You can leave a response and follow any responses to this entry through the Langganan: Posting Komentar (Atom) .

0 komentar

Posting Komentar